Hal penting seputar seo

Search engine optimization (SEO) sudah menjadi perbincangan utama sejak dulu. Hadirnya search engine atau mesin pencari membuat banyak orang berlomba membuat web dan blognya menduduki posisi puncak di search engine. Alasannya tak lain demi mendapatkan traffik yang menjadi “darah” bagi sebuah bisnis di internet.

Pembicaraan mengenai cara-cara menaikkan posisi web di mesin pencari, atau apa saja cara efektif untuk melakukan SEO, atau cara agar blog terindeks google, telah menjadi perdebatan panjang. Para pemain internet sharing, diskusi dan saling beradu argumen mengenai apa saja seputar SEO.

Dunia SEO memang tak ada matinya. Selama search engine masih ada, maka selama itu juga SEO akan terus dibicarakan. Nah, berkaitan dengan hal ini, berikut ini lima hal penting mengenai SEO. Pada kelima hal ini topik pembicaraan SEO tak habis-habis dibahas dan dibedah. Apa sajakah itu?
1. Link

Soal link, backlink, inlink, outlink dan sebangsanya menjadi salah satu tema utama dalam dunia SEO. Bagaimana pengaruh link terhadap peringkat sebuah web/blog? Link seperti apa yang ngefek dan apa yang tidak? Bagaimana membuat link building? Dimana cari link? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya menjadi bahan diskusi bagi para penggiat SEO.

Banyak metode membangun link yang kemudian beredar di internet. Dari yang gratis seperti saling bertukar link sampai yang berbayar yaitu jual beli link.

Link ini telah menjadi bagian penting dari SEO. Pengaruhnya terhadap peringkat web menjadi alasan link untuk selalu diperbincangkan.
2. Pagerank

Pagerank di search engine Google juga menyedot perhatian banyak pemain online. Sebab konon pagerank memiliki pengaruh untuk mendongkrak peringkat web di mesin pencari. Apa benar?

Kalau setahu saya pagerank membuat web/blog anda lebih cepat diindeks dan disatroni didatangi spider. :) Soal urusan diletakkan di urutan paling atas atau urutan paling buncit oleh Google, saya tak yakin benar. Sebab pada faktanya ada banyak web yang punya pagerank lebih tinggi ternyata kalah posisi dengan yang ber-pagerank lebih rendah. So? :)

Mungkin ada yang berargumen, “soal peringkat itu kan bukan karena cuma pagerank saja Pak Joko!?”

Nah maka dari itu. Kalau kata Google sendiri, ada banyak sekali indikator dan ukuran untuk menentukan kenapa sebuah situs diletakkan di peringkat lebih atas pada Google dibanding situs lainnya. Yang saya yakin indikator/ukuran itu pun tak statis, melainkan bisa berubah. Sebab search engine pun memiliki tantangannya sendiri untuk menghadirkan hasil pencarian terbaik bagi penggunanya.

Namun demikian, keyakinan orang terhadap pagerank telah membuat domain yang memiliki pagerank tinggi memiliki nilai tinggi dimata para penggemarnya. Mereka bahkan tak segan mengeluarkan uang lebih untuk memilikinya atau sekadar mendapatkan tautan link darinya. Memang inilah sebuah realitas mengenai pagerank di dunia internet.
3. Konten

Konten juga tak lepas mendapat tempat untuk diperbincangkan dalam dunia SEO. Pertanyaan utamanya: konten seperti apa yang disukai search engine?

“Konten adalah raja,” begitu kata banyak orang. Sebab konten inilah yang sebenarnya dicari oleh para pengguna search engine. Mereka mencari konten yang dibutuhkannya melalui search engine.

Secara umum, konten yang disukai search engine adalah konten yang bagus. Namun inipun mengundang pertanyaan, “bagus yang bagaimana?”

Kriteria dasar konten bagus adalah konten yang unik dan bermanfaat bagi pengunjung. Tapi, sering juga ditemukan di internet bagaimana sebuah konten yang sama sekali tak bersahabat dengan pengunjung. Yang bahkan kita sendiri sebagai manusia tak paham betul apa maksud dari konten tersebut.

Menjadi pertanyaan bersama: apakah seperti ini konten yang bagus? Apakah seperti ini konten yang bermanfaat bagi mereka?

Saya yakin tujuan search engine dan web/blog anda sebenarnya sama yaitu pengunjung. Ketika para pengunjung web/blog anda menganggap konten anda bagus, pasti search engine pun akan menganggap begitu. Percaya deh… ;)
4. Keyword

Keyword atau kata kunci juga menjadi topik hangat SEO. Pertanyaan seperti “bagaimana mencari keyword?”; “Bagaimana memilih keyword?”; atau “Bagaimana cara meletakkan keyword?” adalah yang sering ditanyakan.

Riset keyword dan penerapannya adalah bagian dari SEO yang akan terus dieksplorasi untuk terus dikembangkan. Sebab pengunjung yang datang ke web/blog anda melalui search engine, datang karena keyword tersebut.
5. Seo tool

Banyak alat atau tool SEO yang beredar di internet. Dari yang gratis sampai berbayar. Guna SEO tool itu tak lain untuk menunjang SEO yang anda lakukan. Ada tool untuk mencari keyword, ada tool untuk menyebar backlink, ada tool untuk menyebar komentar, dan sebagainya.

Menggunakan tool tersebut harapannya aktivitas SEO anda menjadi lebih efektif dan efisien. Kira-kira analoginya, kalau anda bisa membajak sawah dalam satu jam dengan menggunakan mesin pembajak, mengapa harus menggunakan cangkul yang membutuhkan waktu seharian? :)

Oleh sebab itu, dalam bisnis, investasi itu menjadi sangat penting. Bukan hanya untuk mengefektifkan pekerjaan semata, tapi lebih dari itu yaitu untuk mempercepat pertumbuhan bisnis anda.

Oh ya, kalau anda bingung dengan istilah-istilah di atas, ada baiknya anda belajar di MrActionClub.com. :) Di dalamnya anda akan belajar bisnis internet, SEO dan segala macamnya. Dijamin tak akan membuat kelabakan karena pembelajaran dilakukan secara bertahap. Juga ada banyak tool yang bisa anda manfaatkan di dalamnya.
Tiga poin penutup dari saya…

SEO itu bukan sekedar soal peringkat. Pertanyaan yang jauh lebih mendasar adalah untuk apa SEO yang anda lakukan itu? Sekedar traffik?
Oke saya tahu traffik itu penting, tapi ada yang lebih penting lagi yaitu konversi.
Sebab itu di Rahasia Blogging saya tanyakan: Kenapa anda blogging? Apa yang sebenarnya anda cari dari blogging? Atau motivasi apa yang membuat anda blogging?
Kalau SEO yang anda lakukan itu mampu berdampak pada tercapainya tujuan anda membuat web/blog tersebut, itu baru bagus. Ingat, SEO itu cara, bukan tujuan. Seyogyanya, SEO yang anda lakukan itu memperdekat tercapainya tujuan anda.
SEO bagian dari strategi marketing. Satu-satunya? Jelas tidak. Seo adalah bagian dari strategi pemasaran internet. Di luar Seo ada banyak strategi dan taktik lainnya. Sebab pengunjung web anda tak hanya ada di search engine, tapi juga ada di Facebook, Twitter, email, dsb.
Mengandalkan SEO sebagai satu-satunya strategi, saya pikir kurang bijak.
Cintai pengunjung web/blog anda, pasti search engine pun akan ikut jatuh hati pada blog/web anda.

sumber jokosusilo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal penting seputar seo"

Posting Komentar